Desa Gunem Tangani ODGJ

Desa Gunem | 26 Maret 2024 09:22:04 | Berita Desa | 134 Kali

Sejak 2023, Pemerintah Desa Gunem berkomitmen menangani ODGJ dengan menggandeng pihak-pihak terkait serta warga masyarakat. Penanganan ODGJ bertujuan agar warga dengan kekurangan tersebut dapat kembali  menyatu dengan masyarakat serta kehadirannya bisa diterima. 

ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa kerap menerima diskriminasi dari masyarakat karena dianggap berperilaku menyimpang. Padahal, dengan penanganan yang tepat, ODGJ tidak meresahkan atau membahayakan orang lain seperti anggapan umum.

ODGJ mengalami gangguan kejiwaan yang menyebabkan perubahan pada cara berpikir, perasaan, emosi, hingga perilaku mereka sehari-hari. Gejala yang dialami oleh ODGJ juga bisa membuat mereka sulit berinteraksi dengan orang lain.

 

Meski demikian, ada pula ODGJ yang dapat hidup normal dengan pengobatan atau terapi yang rutin. Sayangnya, masih banyak ODGJ yang belum mendapatkan penanganan, sehingga penyakit yang dideritanya semakin parah.

Kurangnya informasi dan pemahaman mengenai penyakit jiwa membuat banyak orang sering kali memperlakukan ODGJ dengan kurang baik. Tak sedikit juga ODGJ di Indonesia yang masih dipasung atau dikurung karena dianggap dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Padahal, kenyataannya tidaklah demikian. Dengan menjalani pengobatan yang tepat, ODGJ pun bisa memiliki kualitas hidup yang baik.

Dari tahun 2023 di Desa Gunem sudah tercatat lebih dari 10 orang dengan gangguan jiwa, namun beberapa masih belum bisa atau bahkan menolak fasilitas pengobatan yang diberikan oleh Desa. sehingga pasien yang menerima pengobatan masih cenderung sedikit. harapannya semua pasien gangguan jiwa yang ada di Desa Gunem bisa mendapatkan pengobatan yang tepat dan bisa berbaur kembali dengan masyarakat.

Penanganan ODGJ ini masuk menjadi prioritas penggunaan Dana Desa dari Tahun 2023 hingga saat ini. 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung